Tugas 1 Memahami Teks Cerita Fabel “Kupu-Kupu Berhati Mulia”

Berikut ini ditampilkan teks cerita fabel yang akan kamu pelajari. Untuk memahami isinya bacalah teks berikut dengan teliti!

"Kupu-kupu Behati Mulia"


     Dikisahkan pada suatu hari yang cerah ada seekor semut berjalan-jalan di taman. Ia sangat bahagia karena bisa berjalan-jalan melihat taman yang indah. Sang semut berkeliling taman sambil menyapa binatang-binatang yang berada di taman itu.
       Ia melihat sebuah kepompong di atas pohon. Sang  semut mengejek bentuk kepompong yang jelek dan tidak bisa pergi ke mana-mana.
     “Hei, kepompong alangkah jelek nasibmu. Kamu hanya bisa menggantung di ranting itu. Ayo jalan-jalan, lihat dunia yang luas ini. Bagaimana nasibmu jika ranting itu patah?”
     Sang semut selalu membanggakan dirinya yang bisa pergi ke tempat ia suka. Bahkan, sang semut kuat mengangkat beban yang lebih besar dari tubuhnya. Sang semut merasa bahwa dirinya adalah binatang yang paling hebat. Si kepompong hanya diam saja mendengar ejekan tersebut.
     Pada suatu pagi sang  semut kembali berjalan ke taman itu. Karena hujan, genangan lumpur terdapat di mana-mana. Lumpur yang licin membuat semut tergelincir dan jatuh ke dalam lumpur. Sang semut hampir tenggelam dalam genangan lumpur itu. Semut berteriak sekencang mungkin untuk meminta bantuan.
     “ Tolong, bantu aku! Aku mau tenggelam, tolong..., tolong...!”
     Untunglah saat itu ada  seekor kupu-kupu yang terbang melintas. Kemudian, kupu-kupu menjulurkan sebuah ranting ke arah semut.
     “Semut, peganglah erat-erat ranting itu! Nanti aku akan mengangkat ranting itu.”  Lalu, sang semut memegang erat ranting itu. Si kupu-kupu mengangkat ranting itu dan menurunkannya di tempat yang aman.
    Kemudian, sang semut berterima kasih kepada kupu-kupu karena kupu-kupu telah menyelamatkan nyawanya. Ia memuji kupu-kupu sebagai binatang yang hebat dan terpuji.
     Mendengar pujian itu, kupu-kupu berkata kepada semut.
“Aku adalah kepompong yang pernah kau ejek,” kata si kupu-kupu.
     Ternyata, kepompong yang dulu diejek sudah menyelamatkan dirinya.
     Akhirnya, sang semut berjanji kepada kupu-kupu bahwa dia tidak akan menghina semua makhluk ciptaan Tuhan yang ada di taman itu.
Dimodifikasi dari “Semut yang Sombong” dalam  50 Cerita Fabel Dunia

Berikut ini terdapat beberapa pertanyaan tentang isi teks. Untuk mengetahui pemahamanmu tentang teks fabel “Kupu-Kupu Berhati Mulia” tersebut, kamu dapat menjawab beberapa pertanyaan berikut. 
1.    Siapa tokoh dalam cerita itu?
2.    Apa masalah yang muncul dalam teks tersebut?
3.    Apa yang dirasakan para tokoh dalam teks itu?
4.    Mengapa si semut dikatakan sombong dan si kupu-kupu dikatakan berhati mulia?
5.    Sebutkan contoh kebaikan dan kejelekan dari sifat tokoh-tokoh dalam teks itu!
6.    Coba sebutkan satu kebaikan dan satu kejelekan yang pernah kamu lihat di lingkunganmu? Bagaimana sikap kamu melihat hal itu?
7.    Setujukah kamu jika terjadi musibah, kita harus saling membantu? Mengapa hal itu kita lakukan?
8.    Kepompong mewakili sebuah siklus kehidupan. Saat menjadi kepompong, dia hanya diam dan tidak bisa pergi ke mana-mana. Selanjutnya, dia bahagia saat menjadi kupu-kupu. Begitulah kehidupan. Bagaimana pendapat kamu tentang hal itu?
Adsevertisement

. ARTIKEL TERKAIT

Label