Tugas 1 Mencari dan Mengidentifikasi Teks Diskusi


     Carilah teks diskusi  tentang dampak teknologi di media massa cetak, seperti koran atau majalah! Identifikasilah teks yang kamu temukan itu betul-betul merupakan teks diskusi! Kamu juga boleh mencari teks diskusi di internet. Perlu kamu ingat lagi bahwa teks diskusi bertata organisasi khusus, yaitu  isu, argumentasi mendukung, argumentasi menentang,  dan simpulan. Sebagai perbandingan, kamu boleh melihat kembali teks yang telah dicontohkan di atas. Seandainya teks yang kamu temukan itu bukan teks diskusi, modifikasilah agar menjadi teks diskusi yang benar!


"Apa Fungsi Smartphone Saat Ini"

Isu :

    Semakin berkembangan zaman banyak sekali alat-alat elektronik yang canggih dan bagus contohnya yang sedang trend saat ini, yaitu smartphone Android  yang didalamya terdapat aplikasi-aplikasi menarik, seperti Camera yang oke, Ram yang oke, Permainan-permainan yang seru dan masih banyak lagi. Smartphone Android biasanya disebut gadget. Banyak sekali masyarakat terutama para remaja yang menggunakan gadget (Smartphone Android). Berbeda dengan orang tua para remaja masa kini banyak yang memiliki gadget hanya untuk bergaya saja, mungkin karena takut diCAP kampungan sama teman-temannya (GENGSI), Lalu Apa sih fungsi gadget bagi para remaja?

Argumen Mendukung :   

    Bagi sebagian orang Gadget itu penting bagi remaja, apalagi bagi sebagian orang yang menengah ke atas. Kata sebagian orang gadget itu punya banyak sekali fungsi yang bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari remaja, seperti membuat para remaja tidak GAPTEK (gagap teknologi) karena semakin berkembang nya teknologi-teknologi canggih pada saat ini, Selain itu kata sebagian orang gadget juga dapat membuat para remaja tidak kudet (Kurang UPDATE), dan juga bisa berguna untuk menghilangkan stress para remaja yang biasanya disebabkan oleh terlalu banyaknya tugas yang diberikan oleh guru di sekolah karena semua sekolah sekarang menggunakan kurikulum baru (KURIKULUM 2013), dan juga gadget sangat berguna dalam hal komunikasi Karena dapat memudahkan para remaja untuk berkomunikasi jarak jauh dengan orang tua maupun teman sebaya.

Argumen Menentang :

    Tetapi, disisi lain sebagaian orang mengatakan bahwa Gadget tidak terlalu memiliki banyak fungsi bagi remaja, lebih parahnya lagi, kata sebagian orang gadget juga dapat berdampak buruk bagi remaja, karena jika para remaja memiliki gadget dan memainkannya terus menerus lama-kelamaan mereka akan bermain gadget tidak kenal waktu. Selain itu kata sebagian orang jika para remaja terus-menerus memainkan gadget mereka akan malas melakukan sesuatu (seperti belajar, membantu orang tua)  karena terlalu sibuk bermain gadget, dan jika para remaja memainkan gadget terus menerus tanpa kenal waktu, atau memainkannya dengan jarak layar sangat dekat dengan mata maka lama-kelamaan dapat merusak mata para remaja.

Kesimpulan :

    Maka dari itu fungsi gadget bagi remaja sangatlah banyak, tetapi pada saat remaja menggunakan gadget haruslah diperhatikan jarak layar dengan mata, jika bermain jangan terlalu lama, harus pintar-pintar membagi waktu, dan  harus mengerti apa hak dan kewajiban seorang remaja, kalau bisa remaja menggunakan gadget seperlunya saja seperti berkomunikasi jarak jauh atau hal lainnya. Dan untuk para orang tua juga harus bisa membatasi menggunaan gadget yang tidak bermanfaat bagi remaja.
Adsevertisement

. ARTIKEL TERKAIT

Label